Profile

Join date: Sep 14, 2022

About

Taman Nasional Bali Barat, Suaka Burung Jalak Bali Putih Eksotik


Keelokan yang belum tersentuh berada di ujung barat pulau dongeng Bali: rimba hijau subur, pegunungan yang cantik, air biru jernih, dan bentang luas pantai yang asli, tersebut yang menanti di Taman Nasional Bali Barat. Rumah untuk lebih dari 100 spesies satwa liar, taman nasional ini paling dikenali sebagai tempat pelindungan Jalak Bali putih yang eksotik burung iconic epidemik pulau dewata.


Berada di titik paling barat laut Bali, taman nasional ini meliputi semua daerah Semenanjung Prapat Agung, dan mayoritas tanah disekitaran kota Gilimanuk, Cekik dan Banyuwedang yang berada di Kabupaten Jembrana dan Buleleng. Taman nasional ini memiliki jarak lebih kurang 100Km dari ibukota Bali, Denpasar, atau sekitaran 50 km barat dari utara kota Singaraja, ibukota Kabupaten Buleleng.


Taman Nasional Bali Barat mempunyai luas keseluruhan 19.002,89 hektar, mencakup 15.587,89 hektar tempat dan 3.415 hektar perairan. Komunitasnya benar-benar bervariatif dengan rimba hujan, sabana kering, semak akasia dan rimba daratan rendah, dan semakin banyak rimba pegunungan di daerah yang semakin tinggi. Ada pula beberapa kantong rimba bakau yang lebat. Di utara taman ada semenanjung utara yang mencolok yang disebutkan Prapat Agung. Disekitaran semenanjung ini ada bentang panjang pantai yang diproteksi dan terumbu karang laut lepas dan pulau laut lepas kecil yang disebutkan Menjangan Yang paling akhir ialah arah menyelam yang paling terkenal dari situs https://www.javatravel.net.


100 enam puluh spesies burung sudah terdaftar di taman, terhitung Jalak Bali yang nyaris musnah ( Leucopsar rothschildi), salah satu spesies vertebrata epidemik Bali, icon fauna Bali. Tersebut argumen khusus kenapa taman nasional ini dibikin di tahun 1941. Di tahun 2001, diprediksi cuma enam pribadi jalak yang bertahan hidup di alam liar, semua di taman ini. Semenjak itu, penangkaran dan usaha pengenalan kembali jadi berlanjut, tapi penekanan pemburuan masih tetap jadi permasalahan besar.


Dengan pertimbangan itu, program pengenalan kembali ke-2 diawali di wilayah terasing Nusa Penida, di laut lepas Pantai Sanur di tahun 2004. Di bulan Juni 2011, Taman Nasional Bali Barat terima 60 Jalak Bali yang hampir musnah untuk dilepaskan, 40 dari SurabayaZoo dan 20 dari Taman Safari Indonesia Pemerhati burung yang cermat bisa mendapati daftar check peluang spesies dan statusnya di sini.


Antara beberapa fauna yang lain diketemukan di Taman Nasional ialah: Banteng Liar ( Banteng), Walet Lumbung, Oriole Tengkuk Hitam, Treepie Ekor Raket Hitam, Elang Ular Jambul, Jambul Treeswift, Dollarbird, Penyu sisik, Muntjac India, Java Sparrow Kera Jawa ( Lutung), Ubah Terbang Besar, Kucing Macan Tutul, Pengawal Kecil, Udang Ekor Panjang, Bangau Bima, Walet Pasifik, Walet Merah, Rusa Menjangan Kingfisher Suci, Savanna Nightjar, Kingfisher Paruh Bangau, Biawak Air Babi Rimba, Bulbul Berventilasi Kuning, dan ada banyak kembali.


Taman nasional ini sebagai rumah dari beberapa spesies flora yang hampir musnah misalnya: Pterospermum diversifolium, Antidesma bunius, Lagerstroemia speciosa, Steleochocarpus burahol, Santalum album, Aleuritas moluccana, Sterculia foetida, Schleichera oleosa, Dipterocarpus hasseltii, Garcinia dulcis, Manilkaras Schleikis kauki, Dalbergia latifolia dan fistula Cassia.


Cagar laut mencakup pantai tanjung dan beberapa pulau suaka dengan beberapa burung laut di teluk Gilimanuk, di pulau Menjangan dan terumbu karang yang baik sekali disekelilingnya. Drop-off yang bagus disebelah selatan Menjangan cuma bisa dilalui oleh terumbu karang yang paling hebat di pantai utaranya. Pulau ini sebagai lokasi yang terkenal untuk warga lokal dan pelancong yang ingin menyelam untuk beragam ikan dan eksploitasi terumbu karang. Tidak ada arus beresiko yang perlu ditemui di wilayah ini.


Taman Nasional Bali Barat memperlihatkan keberagaman hayati yang tinggi di lingkungan laut yang relatif kecil. Di akhir era paling akhir, terdaftar 110 spesies karang yang terhitung di dalam 18 kerabat, 22 spesies salah satunya ialah kerabat karang jamur (cuma ada 29 spesies karang jamur yang terdaftar di semua dunia), dan minimal ada 27 spesies karang jamur. Karang Acropora diketemukan di area yang relatif kecil cuma 2 hektar.


Dengan semua keelokan yang terhampar dari jantung rimba lebatnya sampai perairan dalam yang melingkari semenanjung, Taman Nasional Bali Barat betul-betul harta karun alam pulau dongeng Bali Seperti yang ada di Wisata Cirebon. Komunitasnya benar-benar bervariatif dengan rimba hujan, sabana kering, semak akasia dan rimba daratan rendah, dan semakin banyak rimba pegunungan di daerah yang semakin tinggi. Ada pula beberapa kantong rimba bakau yang lebat. Di utara taman ada semenanjung utara yang mencolok yang disebutkan Prapat Agung.


Mayoritas pengunjung taman datang di sejauh jalan pantai utara dari Lovina (sekitaran 90 menit) atau Pemuteran (sekitaran 15 menit). Yang lain tiba dari selatan lewat dermaga Gilimanuk yang disebut dermaga khusus yang menyambungkan Jawa dengan Bali (sekitaran 15 menit). Dari ibukota Denpasar, perjalanan akan memerlukan waktu sekitaran 4 sampai 5 jam telusuri jalan khusus barat yang menyambungkan Denpasar ke Gilimanuk.


Semua pengunjung harus check-in di salah satunya dari 2 kantor taman (PHPA) untuk info, dan untuk memperoleh ijin dan atur tutorial. Kantor pusatnya ada di dusun Cekik di samping selatan Gilimanuk di samping barat. Yang lain ialah di Labuan Lalang di pantai utara darimanakah kapal ke Pulau Menjangan pergi. Stasiun ranger khusus ada di jalan di antara dua kantor di Sumber Klampok.

Y
YeomanStephanie

YeomanStephanie

More actions